twitter

Rasa-rasanya memang sangat susah untuk menggambar sebuah garis yang benar-benar lurus menggunakan pensil atau pulpen tanpa menggunakan sebuah penggaris. Memang mustahil, seandainya bisa menggambar garis lurus pun itu tak akan benar-benar lurus, pasti akan ada sedikit lekukan meskipun kecil.
Hal inilah yang kemudian mengilhami seorang penemu asal korea bernama Giha Woo untuk menemukan sebuah alat yang bisa digunakan untuk menggambar sebuah garis lurus tanpa menggunakan sebuah penggaris sebagai alat bantu. Ini alatnya gan :

Spoiler for Gambar:


Spoiler for Gambar:


Spoiler for Gambar:


Spoiler for Gambar:

Alat temuan Giha Woo ini dinamakan Constrained Ball, Alat yang berukuran mini terdiri dari sebuah poros roda dengan pemegang pensil yang membentuk sebuah sudut khusus sehingga memungkinkan untuk dimasuki pensil.
Prinsip kerja alat ini sangat;ah sederhana, yaitu hanya dengan terus membuat jarak roda dengan ujung pensil secara konstan, sehingga akan terbentuk garis lurus sejajar yang terbentuk dari goresan pensil atau pena yang digunakan. Alat ini sangat cocok digunakan oleh para arsitek dalam menggambar rancangan konstruksi bangunan, karena dengan alat ini, Arsitek tak akan memerlukan banyak penggaris.
Manteb banget nih alat gan
Rabu, 23 Mei 2012 | 0 komentar |

Sobat cmua pasti pernah melihat dua objek foto yang digabung menjadi satu hingga terlihat hidup dan realistis kan sob. Dan untuk sobat yang masih belum tahu soal tehnik ini pasti bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuatnya?

Oke…saya akan sedikit memberikan tips tentang langkah-langkah bagaimana menggabungkan dua objek dengan mask menggunakan software Photoshop.

Untuk Tutorial ini saya akan coba dengan menggabungkan objek sebuah danau dengan objek batu karang. Mari kita ikuti langkah-langkahnya.

LANGKAH 1
Buka objek danau dan objek batu karang, kemudian drag objek batu karang ke objek danau.

LANGKAH 2
Posisikan dahulu objek batu karang agar sesuai dengan objek danau. Kemudian klik layer batu karang, dan klik ikon ADD VECTOR MASK.















LANGKAH 3
Klik GRADIENT TOOL, lalu pilih yang FOREGROUND TO TRANSPARANT dan pastikan FOREGROUND COLOR diset dengan warna hitam. Jangan lupa ganti modenya menjadi MULTIPLY.























LANGKAH 4
Drag GRADIENT dari atas ke bawah pada objek batu karang. Anda bisa mengulangi lagi langkah diatas hingga seperti terlihat pada gambar dibawah ini.















LANGKAH 5
Ulangi langkah diatas, tapi dari arah kiri ke kanan.

LANGKAH 6
Agar kedua objek terlihat realistis klik BRUSH TOOL, atur OPACITY nya menjadi 50%, lalu sapukan BRUSH TOOL pada objek batu karang hingga sempurna.




























Inilah hasilnya, lumayan kan…















Itulah sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua…

Bagi para master Photoshop mohon pencerahannya bila tehnik yang saya pakai ini masih kurang sempurna.

Bagi yang masih kurang jelas bisa bertanya di kolom komentar dibawah ini.

SELAMAT BERKAR
| 0 komentar |

Apa itu papercraft ? , Papercraft atau Paper Model atau Papakura adalah hobi buat model dari bahan lembaran kertas yang kaku atau agak tebal, Hobi ini mengambungkan unsur seni melipat kertas (origami) dan card modeling.


Papercraft cukup terkenal di Eropa dan Jepang. Model dari Papercraft bermacam-macam dari mulai arsitektur seperti miniatur bangunan-bangunan terkenal, alat transportasi, karakter binatang, Pesawat ruang angkasa, karakter Anime dan karakter Game, Pesawat dan alat dalam film-film terkenal, dll.

Selain itu ada Papercraft yang memodelkan tokoh punakawan atau gerobak bakso karya asli buatan orang Indonesia sendiri, tapi ada juga Papercraft yang sengaja di modelkan secara lucu atau bahkan aneh dan unik yang segaja di buat agar berbeda dengan bentuk model yang lain.


Lalu apakah kita dapat membuat Papercraft ?, tentu saja dapat ada beberapa cara membuat Papercraft tapi intinya membuat Papercraft harus mempunyai rancangan dan daya imajinasi yang bagus agar dapat menwujudkan model yang baik. Salah satu cara membuat Papercraft adalah dengan cara online dari situs Papercritters.com dengan situs Papercritters.com kita dapat membuat model Papercraft secara sederhana berbentuk kotak dengan mudah. dan beberapa aplikasi yang sering dipakai pada pembuatan papercraft adalah google skcatup.


Cara kedua adalah dengan menggunakan software Pepakura Designer, dengan software
Pepakura Designeri ni kita dapat berkreasi membuat beragam model Papercraft secara mudah dari model yang paling mudah sampai yang cukup rumit dimana kita harus mempunyai keahlian untuk membuat model yang rumit tersebut.
Senin, 21 Mei 2012 | 0 komentar |
Malam emm lama nie g up date blogku sob ini ada updatetan baru di baca ya chekidout

Ehm ehm, sudah lama saya tidak posting tentang tutorial. Maklum posting tutorial itu membutuhkan tenaga banyak. Soalnya nulis tutorial itu pasti sambil praktek. Habis itu musti nyekrinshot satu satu. Trus diedit di photoshop dulu, dikasih tulisan “dzofar.com” biar kalau ada yang ngopi paste (JANGAAAAN!!! ) tulisanku, nama blogku tetep masih nyantol. Hehehe…
____
Ini adalah tutorial menggambar vector atau menggambar wajah menjadi kartun. Tutorial terdahulu, di sini dan di sana. saya sudah menjelaskan tentang cara-cara menggambar menggunakan bezier tool. Oh iya, kita akan menggunakan software vector yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu apalagi kalau bukaaan… Corel Draw.
Nah, tutorial yang dulu, di sini dan di sana, dirimu saya ajak untuk memanualkan semuanya. Entah menggambarnya, entah pewarnaannya atau entah pencahayaannya. Kali ini, kalian akan saya kasih yang serba instan walau masih manual juga sih. Tipsnya yang instan tapi pengerjaannya manual. Heheh..
Buka corel anda… saya mau mandi dulu… hehehe…
Wow, diriku sekarang sudah wangi… Bagaimana bisa air semprotan itu mengubah bau badanku yang manusiawi ini berubah jadi nabati.. hmm.. *ndoop, gak penting!  *
Eh, maaf, OteOTeku kumat…
__________
Setelah dibuka corelnya, sampeyan buat deh mata, hidung, mulut dan mukanya. Lalu beri warna mukanya dengan warna pertengahan (kayak abad aja ndop!). Maksudnya itu warna yang nggak terang amat dan nggak gelap amat. Soalnya nanti bagian gelap terangnya kita memakai teknik tersendiri. Oke.. nurut aja apa kataku.. hahaha..
Seperti ini nih yang saya maksud…
Tutorial vector (Bjork)
Nah, kalau sudah jadi begitu, sampeyan sekarang berfikir masalah pencahayaannya. Pasti pada ribet kalau mikir masalah itu. Soalnya butuh kesensitifan mata dan rasa. halah. Ya pokoknya lumayan susah dah. Tapimas ndop punya tips mudah!
Tipsnya adalah, sampeyan buka adobe photoshopmu. Lalu buka/opengambar yang mau divectorkan. Hanya dengan mengeklik Image >Adjustments > Posterize . Dan mengisikan angka 2 (dua) di levelsnya. Sampeyan sudah selesai.
Kayak gini lhooo…
posterize photoshop level 2
Sampeyan bisa atur atur sendiri levelsnya berapa. Semakin besar angkanya, semakin detail pencahayaannya. Tapi kalau terlalu detail, menurut saya artistiknya akan berkurang kalau pakek bantuan photoshop begini.
Nah, setelah itu. Sampeyan gambar deh pencahayaannya. Kita sepakati akan memakai 3 warna di kulitnya. Otomatis kita memiliki: Gelap,sedang/normal dan terang.
Nah, karena tadi levelsnya kita pilih 2, maka sudah pas banget tuh. Lihat warna oranye/merah. Lalu warna kuning trus warna putih. Tiga warna khan? Kita jadikan warna merah sebagai warna gelap, warna kuning sebagai warna normalnya trus warna putih sebagai warna terangnya.
Oke.. sekarang kita gambar warna gelapnya dulu.
menggambar/trace bagian gelapnya
menggambar yang merahnya dulu ya. Itu bagian yang gelap.
Setelah selesai dan tertutup kurvanya. Saatnya memberi warna. Nah, cara memberi warna cukup mudah, pilih warna yang lebih tua tapi senada dengan warna kulitnya. Lalu buat transparant 50 persen (default).
Contoh di atas adalah memakai warna untuk:
  • Kulit normal adalah RGB, dengan rincian: R = 233; G = 194; B = 152
  • Kulit gelap adalah CMYK, dengan rincian: C = 2; M = 30; Y = 49; K = 10
    Kalau susah, pilih salah satu warna tua di color pallette (CMYK atau RGB) yang senada dengan warna kulit normalnya, lalu kalau ketuaan, tinggal ditransparansi.
    Kalau nggak mau pakek transparansi, sampeyan tetep nggak papa ditransparansi dulu, lalu pilih eyedropper tool dan klik pada area yang ditransparansi itu, tuangkan dengan paintbucket tool di area itu juga. Setelah itu baru deh transparansinya dihilangkan (diset none)
  • Kalau sampeyan bingung saya ngomong apa, ya baca dulu tutorial sebelumnya di sini atau di sana.
Nah, kalau sudah selesai hasilnya seperti gambar di bawah ini:
pewarnaan vector bagian kulit gelap
Lalu kita menggambar area yang terang. Sama seperti area yang gelap di atas. Kalau sudah selesai, contohnya seperti gambar di bawah ini.
Menggambar area kulit yang terang
Nah, sudah pada tahu nggak caranya melubangi atau mengiris objek? Dijawab belum aja ya, soalnya akan saya kasih tau caranya. Hehehe… Gampang kok caranya, tinggal diklik objek yang kecil, yang pada gambar di atas adalah objek nomer 1. Trus sambil tekan shift sampeyan klik objek yang mau diiris, yaitu objek nomer 2. Lalu klik tombol di atas sana, namanya trim.
trim corel drawNah, yang kayak gini lo bentuk tombol trim itu. Jadi setelah diklik trim tersebut. Objek nomer 2 sudah diiris dengan objek nomer 1. Langkah selanjutnya adalah membuang objek nomer 1. Soalnya diri kita tidak akan memakainya lagi. Hehe..
Nah, lalu kita beri warna putih. Untuk membuatnya lebih muda, sampeyan transparansi aja beberapa persen. Kalau 50 persen masih terlalu terang (mau nulis “keterangan”, tapi kok nggak etis, hehe..), ya ditambahi lagi beberapa persen. Setelah selesai, diPowerClip ajah. Beres. Kalau nggak mau transparansi, ya pakek eyedropper tool kayak yang sudah daku terangkan di atas.
Hasilnya akan seperti di bawah ini:
pewarnaan vector bagian kulit terang
Lalu buatlah bajunya dan rambutnya dengan teknik pencahayaannya sama seperti di atas.
Untuk rambut, karena warnanya gelap. Untuk levels posterize 2, biasanyaphotoshop hanya akan menampilkan satu warna saja, yaitu hitam. Nggak papa sih sebenarnya. Tapi kalau mau lebih detail dan terkesan ada pencahayaannya, ya naikkanlah levelnya menjadi 3 atau 4 atau 5 atau sampai pencahayaan rambutnya terbagi menjadi beberapa warna.
Untuk baju, karena bagian ini masyarakat sekitar tidak begitu memerhatikan, makanya untuk urusan baju dan asesoris lainnya, itu AP TU HYU… alias terserah anda.. hehehe…
Buatlah background sesuka hati. kalau saya nggak mau ribet soal background. Cukup gradasi ajah. Atau kalau vectornya sudah ribet penuh asesoris dan kaya warna, biasanya saya hanya memberi warna begraund dengan putih saja alias nggak saya warnai, hehehe.. Biar orang lebih ngelihat vectoranku, bukan backgroundnya, heheheh…
Nih, sudah jadi punyaku…
vector bjork
Nah, kalau masih penasaran, saya membagi master vector gambar di atas untuk didownload gratis. Silakan diobrak-abrik vectorannya. Hehehe…
Diklik kanan dulu filenya trus pilih extract contents. Kalau objeknya masih bersatu, ya diklik kanan lagi, pilih ungroupKlik di sini kalau masih bingung. Gitu aja kok repot. hehe..
Eh ini, aku ada videonya, videonya cepet banget. Hehe.. gak papa biar mengehmat ukuran filenya. 
heheh gopy dari sumber lain nie hehe yang penting praktik bukan ngopinya
Sabtu, 19 Mei 2012 | 0 komentar |